4 Fungsi Mesin Finishing Percetakan Berdasarkan Jenisnya

  • 3 min read
  • May 11, 2022

Enjintuls –¬†Kemajuan teknologi mampu menghadirkan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Salah satu kebutuhan manusia yang perlu dipenuhi adalah bidang percetakan. Ya, percetakan dapat membantu bisnis seseorang agar lebih berkembang.

Beberapa barang seperti buku, kartu ucapan, poster, brosur, undangan hingga kotak kemasan tampaknya bukan hal yang asing bagi kita saat ini. Barang-barang tersebut hadir karena adanya mesin finishing percetakan. Lantas, apa saja fungsi mesin finishing percetakan ini? Artikel ini akan membantu Anda mengetahui fungsi mesin finishing percetakan menurut jenisnya.

4 Fungsi Mesin Finishing Percetakan

Pada dasarnya, terdapat 4 jenis mesin finishing percetakan dan setiap mesin memiliki perannya masing-masing. Namun, bila dilihat secara keseluruhan, mesin finishing percetakan memiliki satu fungsi, yaitu menangani langkah terakhir dalam pekerjaan percetakan agar produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang rapi, menarik dan juga awet.

Nah, berikut ini adalah 4 fungsi mesin finishing percetakan berdasarkan jenis mesinnya.

Mesin Laminating

Apa itu mesin laminating? Sesuai namanya, mesin laminating adalah mesin yang berguna untuk melaminasi atau melapisi kertas dengan plastik atau film sehingga sebuah dokumen aman dari air dan noda.

Selain itu, sebuah dokumen fisik akan lebih awet setelah dilaminasi karena hasil dari mesin laminating mampu membuat sebuah dokumen tidak mudah sobek atau rusak. Maka dari itu, tidak heran bila banyak orang melaminating beberapa dokumen seperti kartu keluarga, akta kelahiran, ijazah dan lainnya.

Salah satu mesin finishing percetakan yang satu ini tentu Anda tidak asing karena memang benda ini merupakan mesin yang seringkali hadir di copy center atau tempat fotocopy.

Sebenarnya, mesin laminating memiliki 3 tipe, yaitu panas, dingin dan panas dingin. Mari kita kupas satu per satu secara singkat.

> Mesin Laminating Panas

Dari namanya tentu sudah jelas bahwa mesin laminating tipe panas menggunakan energi panas untuk proses laminasinya. Bila Anda menggunakan mesin tipe ini, hasil laminasi yang Anda terima akan memiliki kualitas tinggi. Hal ini terlihat jelas dari hasil plastik film yang melekat erat pada dokumen yang dilapisinya sehingga tidak mudah lepas.

> Mesin Laminating Dingin

Berbicara soal fungsi, mesin laminating dingin memiliki fungsi yang sama dengan mesin laminating panas, yaitu melapisi sebuah dokumen kertas dengan plastik film. Hanya saja, perbedaanya adalah pada bagian proses laminasinya. Ya, seperti namanya, mesin laminating tipe dingin diperuntukkan untuk melaminasi dokumen yang tidak membutuhkan hawa panas.

> Mesin Laminating Panas Dingin

Bagaimana bila mesin laminating yang satu ini? Ya, seperti nama yang tersemat pada mesin ini, Anda bisa melaminasi semua jenis dokumen. Anda tinggal menyesuaikan suhu atau metode laminasi sehingga cocok dengan dokumen yang ingin Anda lindungi dengan plastik film. Dengan fungsi 2 in 1 ini, tidak heran bila mesin laminating yang satu ini punya banyak peminat.

Mesin Rigid Box Maker

Pernahkah Anda menerima sebuah hadiah yang dibungkus dengan kotak bertekstur halus namun memiliki karakter yang keras? Selain itu warnanya yang elegan dan bentuknya yang menarik menambah kesan menarik pada bungkus hadiah tersebut. Bila pernah, kotak bungkus itu beranam rigid box.

Contoh rigid box
Salah satu contoh rigid box

Nah, untuk menghasilkan rigid box, seseorang memerilukan mesin rigid box maker. Karena dengan memanfaatkan mesin rigid box maker, maka kotak yang dihasilkan akan tampil presisi, rapi, bentuk yang bisa dikustom, daya rekat optimal dan awet.

Selain itu, karena menggunakan tenaga mesin, maka Anda bisa menghasilkan banyak rigid box dalam waktu yang cepat tanpa memerlukan banyak tenaga. Dalam satu mesin rigid box maker terdapat beberapa rangkaian mesin, seperti mesin isolasi box, mesin lem dan juga mesin press.

Mesin Glue Binding

Pada zaman dahulu bila seseorang atau sebuah instansi ingin menerbitkan buku atau dokumen dengan banyak halaman, mereka akan menggunakan stapler untuk menyatukan semua halaman menjadi sebuah buku. Namun, bila Anda perhatikan saat ini stapler tidak digunakan lagi untuk menyatukan banyak halaman menjadi sebuah buku, bagaimana caranya?

Ya, saat ini perusahaan percetakan sudah menggunakan mesin glue binding atau mesin lem panas. Mesin glue binding atau mesin lem panas adalah salah satu jenis mesin percetakan untuk membantu proses pembuatan buku dengan standar penerbit. Dengan menggunakan mesin ini, Anda bisa menghasilkan hasil binding dalam jumlah yang besar dalam waktu yang tidak lama.

Beberapa dokumen yang memanfaatkan mesin glue binding adalah skripsi, buku penerbit, komik, novel, album foto dan sebagainya. Mesin ini bisa Anda manfaatkan untuk menerapkan teknik perfect binding.

Mesin Potong Kertas

Dari namanya saja tentu Anda memahami bahwa mesin potong kertas bermanfaat untuk memotong kertas dokumen sehingga hasilnya rapi dan presisi. Dengan bantuan mesin potong kertas, Anda bisa memotong sebuah dokumen dengan cara yang sangat mudah bahkan pada dokumen yang cukup tebal sekalipun.

Namun, mesin potong kertas tidak hanya sekedar untuk memotong dokumen cetak saja. Anda juga bisa memanfaatkan mesin ini untuk memadatkan sebuah dokumen sehingga bisa lebih rapi serta ringkas. Dengan bantuan mesin ini, sebuah media cetak pun bisa menjadi lebih kuat hasil jilidannya.

Nah, itulah 4 fungsi mesin finishing percetakan berdasarkan jenisnya. Hadirnya beragam mesin percetakan ini membuktikan bahwa meskipun banyak orang senang dengan media digital, namun peminat media cetak juga masih sangat banyak.

Hal ini bisa menjadi peluang yang besar bagi Anda untuk membuka bisnis percetakan atau bisnis lainnya yang membutuhkan proses pencetakan. Dan untuk menghasilkan hasil yang terbaik tentu perlu didukung oleh mesin-mesin percetakan terbaik.

Anda bisa memperoleh segala jenis mesin percetakan, termasuk mesin finishing percetakan, dari sebuah distributor peralatan percetakan yang dapat diandalkan bernama Maxipro. Dengan menggunakan mesin dari Maxipro, Anda bisa mencetak media dengan hasil terbaik dan meningkatkan brand awareness bisnis Anda di mata banyak orang melalui hasil cetakan Anda.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *