5 Fungsi Filter Kamera yang Biasa Digunakan untuk Fotografi

  • 2 min read
  • Mar 22, 2022
filter

Filter dalam sebuah kamera sangat dibutuhkan, karena akan memperindah foto yang dihasilkan. Ada berbagai macam filter yang ada di dalam kamera, pengguna tinggal memilih filter-nya sesuai dengan kebutuhan.

5 Fungsi Filter Kamera Sesuai Jenis

Selain itu, ada pula fungsi filter dalam dunia pemotretan yang sangat penting. Berikut pemaparan fungsinya yang bisa digunakan untuk mempercantik foto!

1. Filter Polarizer Atau CPL

Fungsi filter yang pertama yaitu datang dari jenis filter polarizer, filter ini akan sangat berguna sekali bagi para penggunanya yang ingin membuat objek langit di dalam fotonya menjadi lebih gelap. Fungsi dari filter satu ini akan meningkatkan sebuah kontras antar awan serta langit. Selain itu, berfungsi juga untuk menurunkan atau mengurangi sinar matahari yang masuk.

Biasanya filter ini digunakan oleh para fotografer untuk memotret dengan gaya landscape. Sehingga, foto yang dihasilkan akan menjadi lebih menarik. Apalagi, jika digunakan untuk memotret pada sebuah benda yang bersifat reflektif seperti air dan kaca. Pasti akan menghasilkan pantulan yang sangat bagus sekali.

2. Filter Neutral Density Atau ND

Filter yang selanjutnya yaitu ND atau Neutral Density, filter ini biasanya digunakan pada sebuah foto yang memiliki sifat long exposure. Neutral sendiri berasal dari kata netral yang berarti tidak akan mengubah karakter dari si cahaya yang masuk. Sedangkan, untuk kata density akan membuat intensitas cahaya yang masuk menjadi berkurang.

Nah, jadi bisa dikatakan bahwa fungsi dari filter ini adalah sebagai pengurang intensitas cahaya tanpa mengubah karakter cahaya yang masuk ke dalam kamera. Selain itu, biasa juga digunakan untuk melakukan pemotretan di tengah panasnya terik matahari. Jadi, sangat berguna sekali digunakan pada pemotretan di siang hari.

3. Filter Graduated ND

Graduated ND adalah salah satu filter di dalam kamera yang dapat meningkatkan intensitas sebuah cahaya. Semua bagian dalam kamera, dapat ditingkatkan kontrasnya dengan menggunakan filter satu ini. Baik itu, hanya sebagian maupun secara keseluruhan objek yang akan diberi filter.

Filter ini biasa digunakan untuk memotret pantai dengan kondisi matahari terbit maupun matahari terbenam. Bahkan, bisa juga digunakan untuk membuat warna antara langit serta jauh menjadi dua warna yang berbeda. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan sekali bagi yang menyukai foto estetik.

4. Filter Ultra Violet

Ultra Violet merupakan filter yang kerap digunakan untuk menghalau cahaya ultraviolet yang masuk ke dalam kamera. Selain itu, fungsi utamanya adalah untuk mengurangi kabut tipis yang mungkin saja masuk ke dalam foto. Namun, penggunaan dari filter ini semakin jarang digunakan karena semakin banyak teknik digital yang berkembang.

Namun, tidak menutup kemungkinan masih bisa digunakan jika penggunanya menggunakan teknik film di dalamnya. Ultra violet ini juga berfungsi untuk melindungi lensa dari sebuah guncangan yang bisa saja terjadi. Jadi, selain untuk memperindah foto juga bisa untuk melindungi lensa.

5. Filter Black And White

Untuk yang terakhir yaitu filter Black And White, filter ini akan berfungsi untuk mengurangi cahaya yang masuk untuk membuat fotonya lebih keren. Pengurangan cahaya tersebut agar foto yang dihasilkan menjadi foto hitam putih yang keren. Ada berbagai macam filter lagi di dalam filter ini yang bisa dipakai untuk mempertajam hasilnya.

Bahkan, foto langit pun bisa dibuat menjadi lebih estetik dengan menggunakan filter ini. Namun, penggunaan filter satu ini sama halnya dengan filter Ultraviolet yaitu masih sudah jarang digunakan. Apalagi, sekarang sudah banyak sekali teknik yang lebih canggih untuk memperindah foto.

Itulah fungsi filter berdasarkan jenisnya yang bisa digunakan untuk memperindah foto yang dihasilkan. Sebaiknya, gunakan filter yang sesuai dengan kebutuhan fotografi serta objek yang akan difoto. Penggunaan filter tersebut akan membuat fotonya menjadi lebih estetik dan enak untuk dilihat.