5 Jenis Kamera yang Bagus untuk Fotografi Bagi Pemula

  • 2 min read
  • Mar 20, 2022
fotografi

Setiap moment yang terjadi dalam hidup seseorang tentu ingin diabadikan. Salah satunya adalah menggunakan kamera. Pemilihan jenis kamera sangat berpengaruh pada foto atau video yang dihasilkan. Apalagi jika ingin mengabadikan moment alam, tentu memerlukan kamera yang canggih dan mumpuni.

5 Jenis Kamera yang Bagus untuk Fotografer Pemula dan Profesional

Penasaran bukan apa saja jenis kamera yang bagus untuk fotografi? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Digital Single Lens Reflex Camera atau DSLR

Siapa yang tidak mengenal kamera DSLR? Kamera yang sudah sering digunakan oleh fotografer ini jelas menjadi salah satu kamera yang bagus untuk fotografi. DSLR camera memiliki beberapa kategori mulai dari entry level hingga pro. Kategori ini menentukan seberapa kompleks fungsi kamera tersebut. Semakin tinggi kategori tentu akan mempengaruhi tingkat kompleksitasnya.

Selain lensa bawaan, Kamera SLR digital dapat dipasangkan dengan jenis lensa lainnya, seperti lensa wide angle dan lensa jarak jauh (Telephoto). Tidak hanya kedua jenis lensa tersebut, DSLR juga bisa dipasangkan lensa macro yang berfungsi untuk memotret secara detail benda-benda kecil. Lensa-lensa tersebut sangat membantu untuk mendapatkan hasil foto yang ciamik.

2. Digital Action Camera

Jenis kamera yang kedua yaitu digital action camera atau lebih dikenal dengan GoPro. Kamera jenis ini tidak hanya berfungsi untuk mengambil gambar, tetapi juga video yang disertai suara. Ukuran kamera yang kecil dan kokoh memungkinkannya untuk dibawa dan dipasang dimanapun.

Tidak hanya untuk mengambil gambar di darat, kamera digital action juga bisa digunakan di dalam air karena dilengkapi dengan casing anti air. Kemampuan ini membuat kamera dicari banyak orang karena simple dan multi-fungsi. Kamera jenis ini sangat cocok bagi masyarakat yang ingin melakukan travelling dan mengabadikan setiap momennya.

3. Kamera Point and Shoot 

Point and shoot kamera menjadi urutan ketiga dalam jenis kamera yang bagus untuk fotografi. Kamera jenis ini sangat mudah digunakan bahkan oleh pemula karena dapat berfungsi secara otomatis. Dengan kemudahan tersebut, pengguna tidak perlu lagi melakukan pengaturan kamera secara manual.

Selain fitur otomatis, kamera jenis point and shoot juga dilengkapi dengan fitur touchscreen yang menambah kemudahan bagi pemakainya. Untuk ukuran, kamera ini berukuran pocket sehingga sangat mudah untuk dibawa. Sama dengan kamera digital biasa, point and shoot camera juga sangat cocok untuk orang yang sedang melakukan perjalanan atau berlibur.

4. Compact Digital Camera

Di posisi keempat, terdapat compact digital camera. Kamera jenis ini cocok untuk pemakaian di luar maupun dalam ruangan. Dengan ukuran yang muat di kantong membuat kamera compact digital mudah dibawa kemana-mana.

Compact digital camera memiliki fitur-fitur yang sederhana. Fungsi kamera dengan konfigurasi standar cocok untuk mendokumentasikan kegiatan yang padat dan tidak membutuhkan zoom yang terlalu jauh. Selain itu, kamera ini juga tidak memiliki dialer mode pemotretan sehingga sangat ringkas dalam penggunaannya.

5. Kamera Analog

Dan jenis kamera yang terakhir adalah kamera analog. Di kalangan anak muda, kamera jenis ini sedang naik daun. Banyak yang menggunakannya untuk menghasilkan foto dengan nuansa tempo dulu. Inilah daya tarik dari kamera analog. Selain itu, karena termasuk kamera jaman dulu, kamera ini masih menggunakan roll film untuk penyimpanan hasil foto dan pencetakannya.

Umumnya, para pecinta kamera analog menggunakan kamera tipe 135. Kamera analog dengan tipe ini memiliki ukuran 35mm (full frame) yang dimana ukuran tersebut lebih kecil dibandingkan kamera analog lainnya. Ukuran yang kecil tersebut memungkinkan pengguna untuk membawanya kemanapun tanpa perlu repot menyediakan tas tambahan yang besar.

Itulah 5 jenis kamera yang bagus untuk fotografi bagi pemula. Dari segi harga, masing-masing jenis kamera memiliki harga yang beragam. Tentu semakin canggih fitur yang dimiliki harganya akan semakin mahal. Tapi jangan khawatir, pemula bisa mendapatkan kamera second dengan harga sekitar Rp1.000.000,-. Walaupun begitu, kemampuan dari kamera tersebut tidak kalah dengan kamera yang baru.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *