5 Tips Dasar Belajar Fotografi Supaya Hasil Maksimal

  • 2 min read
  • Mar 27, 2022
Fotografi

Salah satu hobi yang banyak digemari remaja-remaja maupun orang dewasa adalah fotografi. Bagaimana tidak? Fotografi adalah seni berfoto yang memberikan kepuasan tersendiri bagi fotografer. Akan tetapi, jika yang baru saja belajar fotografi pastinya perlu mengetahui teknik-teknik dasar agar hasil foto menjadi lebih bagus.

5 Tips Dasar Belajar Fotografi untuk Pemula

Fotografi bukanlah sembarangan memotret menggunakan kamera lalu hasilnya bagus, bukan begitu. Melainkan membutuhkan keterampilan khusus agar hasil dari foto tidak blur dan fokus pada objek yang diinginkan. Untuk menghasilkan foto yang indah, berikut ini tips dalam menghasilkan hasil fotografi yang bagus, yaitu:

1. Hindari Penggunaan Lampu Flash

Teknik dasar yang pertama yakni cobalah untuk tidak menggunakan lampu flash saat memotret objek. Lampu flash hanya digunakan saat keadaan mendesak dan tidak boleh terlalu sering. Ambillah gambar secara natural dengan mengatur tingkat pencahayaan pada kamera. Keterampilan memotret tanpa flash ini bisa menjadi poin khusus, misalnya memotret objek di malam hari akan terlihat lebih estetik.

Flash dapat digunakan untuk memotret sesuatu yang detail dan memerlukan perhatian khusus. Bahkan tidak semua makanan cocok untuk dipotret menggunakan flash. Hasil foto alami akan menambah kelezatan dari tampilan makanan tersebut, kecuali memang ingin menunjukan sisi warna lain yang mengharuskan bantuan dari flash kamera. Untuk itu, bijaklah saja dalam penggunaan flash.

2. Gunakan RAW

Menentukan format foto adalah pengetahuan dasar yang harus diketahui ketika belajar fotografi. Pasalnya, orang awam hanya tau format JPG saja ketika membuat foto. Namun, faktanya menggunakan format RAW hasil gambar dapat diatur ketajamannya, pencahayaanya dan sebagainya. Pengeditan foto akan jauh lebih mudah dan tentu hasilnya lebih memuaskan.

3. Jagalah Kebersihan Lensa

Hal yang tidak kalah penting adalah membersihkan lensa pada kamera agar hasil jepretan selalu jernih. Lensa yang tidak terjaga kebersihannya akan membuat foto menjadi buram dan malah berdampak pada foto yang blur. Tentunya akan sangat mengganggu bila hal dampak dari ketidakbersihan lensa akan sebesar ini. Sebaiknya membersihkan lensa menggunakan media khusus agar tetap aman.

4. Belilah Tali Kamera Lain

Fakta menunjukan bahwa tali kamera bawaan dari kamera yang dibeli biasanya tidak enak digunakan. Hal ini terjadi karena tali kamera bawaan tidak diukur sesuai body pembeli. Bukan merupakan kesalahan namun jika hal kecil dapat mempengaruhi hasil jepretan, alangkah baiknya jika diganti saja dengan membelinya yang baru. Sungguh disayangkan jika hasil buruk hanya karena tali kamera.

5. Fokuslah Pada Objek

Teknik dasar terakhir yakni fokus pada objek yang akan dipotret. Pastinya sudah banyak yang mengetahui kalau memotret sesuatu haruslah fokus. Kadang tangan yang tremor akan mempersulit fotografer untuk fokus pada objek. Selalu usahakan bahwa objek yang akan difoto benar-benar sesuai dan perhatikan diri sendiri juga bahwa saat berdiri maupun jongkok kondisi tubuh fotografer stabil.

Hal terpenting yang harus dimiliki fotografer adalah bisa menstabilkan kamera agar hasil jepretan dapat fokus dan jauh dari kata blur. Tidak lucu jika seorang fotografer memiliki tremor akut dan semua hasil jepretan blur, untuk itu latihanlah untuk menstabilkan tangan.

Setelah mengetahui teknik dasar belajar fotografi di atas, pasti akan tertarik untuk mencobanya. Perlu diingat bahwa segelintir tips di atas hanyalah hal dasar, masih banyak cara-cara yang harus dilakukan agar fotografi terlihat lebih berseni dan hasilnya indah untuk dipandang. Jangan takut untuk menanyakan kepada para fotografer handal agar ilmu semakin banyak.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *