7 Cara Fotografi Pantai Anti Gagal!

  • 2 min read
  • Mar 24, 2022
Fotografi Pantai

Untuk menikmati liburan akhir pekan yang menarik dan memuaskan hati, biasanya banyak yang memilih untuk mengunjungi dan bersenang-senang di pantai. Namun disisi lain, semuanya akan kurang asik jika pemandangan yang ada di pantai dan sekitarnya tidak diabadikan melalui foto. Tidak heran jika cara fotografi pantai pun semakin diminati sekarang.

7 Cara Fotografi Pantai Supaya Terlihat Lebih Menarik

Secara sederhana, untuk melakukan proses pemotretan foto dengan pantai sebagai objeknya, ada beberapa hal penting yang harus disiapkan sejak awal. Misalnya saja, mengabadikan momen di pantai dengan hasil foto yang berkualitas memerlukan pengaturan cahaya yang tepat dan waktu yang memang mendukung. Simak beberapa cara di bawah ini sebelum mempraktikkan secara langsung:

1. Menentukan Waktu Pemotretan

Walaupun niat awalnya memang untuk liburan, setiap orang tetap wajib menentukan waktu yang tepat untuk mendapatkan foto yang memang berkualitas. Jika ingin mendapatkan foto di pantai yang seperti itu, maka coba memilih waktu di pagi hari atau malam hari nantinya. Pemilihan waktu akan menentukan juga hasil pemotretan langit. Namun tetap saja coba pertimbangkan terkait cuaca di pantai tersebut.

2. Menyiapkan Alat Pendukung

Jangan sampai dilewatkan pula untuk dijadikan bahan pertimbangan sejak awal, setiap fotografer juga perlu menyiapkan beberapa alat tambahan yang mendukung. Selain menyiapkan kamera untuk memotret pemandangan yang ada di pantai, siapkan juga lensa yang tepat atau tripod yang akan memudahkan. Jangan lupa menyesuaikannya dengan jenis kamera yang nantinya akan dipakai.

3. Memilih Teknik Fotografi

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan sebelumnya, ada  cara fotografi pantai  yang lainnya yang bisa dicoba secara langsung oleh fotografer. Apalagi semakin kesini, semakin banyak ditemukan teknik untuk fotografi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan ataupun pantai sebagai objek fotografinya. Fotografer bisa mencoba teknik pemotretan dengan speed rendah terlebih dahulu.

4. Menambahkan Properti Penting

Selanjutnya, demi mendapatkan hasil jepretan yang sesuai dengan keinginan dan mampu memanjakan mata, maka jangan lupa untuk melakukan cara ini. Walaupun seringkali pantai sudah menyediakan pemandangan kosongan yang indah, tidak ada salahnya untuk menambahkan properti yang dinilai penting dan mendukung. Misalnya tambahkan beberapa mainan atau kursi yang sesuai dengan komposisi.

5. Menyewa Lensa yang Tepat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, alat tambahan seperti lensa memiliki peran yang penting dalam menentukan hasil jepretan masing-masing di pantai. Oleh karena itu, sebaiknya sejak awal mulai dengan menentukan jenis lensa dan ukuran yang memang tepat dan dipadukan dengan jenis kameranya. Misalnya saja, mulai dengan menggunakan jenis lensa yang wide angle.

6. Mencoba Berbagai Sudut

Situasi di pantai yang bervariasi dan terkadang susah untuk diduga oleh fotografer sebenarnya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi mendapatkan banyak jepretan. Ditambah lagi, pada masa sekarang ini, setiap orang bisa mencoba untuk mengambil jepretan di pantai dari berbagai sudut yang menarik. Hindari untuk mengambil jepretan foto yang monoton di satu tempat.

7. Menggunakan Model Perempuan

Untuk tips dan cara yang terakhir ini juga bisa dimasukkan ke dalam opsi yang tepat dan terbaik sebelum dicoba langsung. Jika merasa adanya properti barang itu masih kurang memuaskan, maka coba memanfaatkan model perempuan agar hasilnya pun semakin menarik. Namun sebaiknya letakkan model di posisi yang sesuai dengan sekitarnya.

Informasi yang menjelaskan secara detail mengenai beberapa  cara fotografi pantai  tersebut wajib dikenali dan dipahami sejak awal sebelum mencoba langsung. Apalagi ternyata memang ada beberapa cara menarik yang bisa dicoba mulai dari menentukan waktu pemotretan sampai pada menyiapkan alat pendukung. Bahkan menggunakan model perempuan juga bisa menjadi pilihan yang terbaik.