Barndoors: Pengertian dan Fungsi di Dunia Fotografi

  • 2 min read
  • Mar 18, 2022
Barndoors

Sebagai seseorang yang bekerja di bidang multimedia atau sejenisnya mungkin tidak asing lagi dengan Barndoors beserta fungsi Barndoors. Dalam dunia multimedia baik itu bidang pertelevisian atau fotografi, tentu akan menampilkan sesuatu yang menarik kepada banyak orang. Biasanya mereka akan menampilkan suatu suguhan yang keren.

Untuk menunjang hal tersebut berbagai peralatan pun dihadirkan. Supaya tampilan semakin keren dan juga estetik. Peralatan tersebut, misalnya seperti Barndoors, yang memiliki banyak kegunaan dalam bidang tersebut. Nah, mau tahu lebih dalam mengenai Barndoors ini? Mari simak penjelasan berikut!

Apa itu Barndoors?

Seperti yang sudah disinggung tadi, bahwa Barndoors sangat berguna pada bidang multimedia. Lalu, apa sebenarnya Barndoors? Barndoors memiliki definisi berbeda di setiap bidangnya. Dalam dunia pertelevisian Barndoors memiliki arti pintu berengsel yang dipasangkan depan di lampu studio. Ada juga definisi Barndoors dalam bidang fotografi yaitu salah satu peralatan strobist atau lighting.

Umumnya Barndoors memiliki arti sebagai sebuah alat berbentuk segi empat serta berwarna gelap. Dimana benda atau alat tersebut digunakan untuk mengarahkan seberkas cahaya. Cahaya tersebut berasal dari sumber cahaya yang didapat oleh Barndoors. Selain itu, Barndoors juga digunakan untuk sebuah aksesoris lampu.

Fungsi dari Barndoors

Memiliki tampilan yang menarik tentu menjadi keinginan dari seorang public figure maupun model. Berbagai upaya dilakukan oleh para fotografer, media pertelevisian atau lainnya untuk menghasilkan karya yang bagus. Serta menunjang dari karya yang dihasilkan para pemainnya. Karya tersebut tentu saja, bukanlah hal yang mudah apalagi tidak adanya kerja keras dan kerja sama.

Berbagai peralatan pun digunakan untuk dapat menunjang para pemain atau model mereka. Seperti halnya alat Barndoors yang selalu ada di bidang multimedia, atau lainnya yang membutuhkan. Barndoors tentu memiliki fungsi sehingga sangat dibutuhkan keberadaannya. Mau tahu apa saja fungsinya? Simak yang di bawah ini:

1. Fungsi Pada Barndoors di Dunia TV

Dalam dunia pertelevisian atau perfilman, tentu akan menyajikan hiburan menarik para penikmatnya. Membuat acara atau film dengan hasil yang keren dan menakjubkan. Peralatan yang digunakan pastinya tidak main-main. Salah satunya menggunakan Barndoors. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya Barndoors ini berguna untuk mengiring atau mengarahkan cahaya dari sumber cahaya.

Dimana dalam pertelevisian hal tersebut sangat berguna saat sebuah acara berlangsung. Selain itu, juga berguna ketika membuat sebuah sinetron, film, atau acara TV lainnya. Barndoors ini nantinya akan terpasang di depan lampu studio, beserta didesain dapat dibuka dan ditutup. Hal tersebut, tentunya agar cahaya yang dihasilkan lebih baik dan menampilkan kualitas tampilan menarik.

2. Fungsi Barndoors Untuk Fotografi

Barndoors menjadi suatu peralatan yang tampaknya tidak ketinggalan saat melakukan fotografi. Apalagi, kalau pemotretan dilakukan dalam studio. Barndoors ini terdiri dari sebuah bingkai, yang mana memiliki 4 penutup metal.

Masing-masing penutup metal tersebut terbagi menjadi sudut 90 derajat yang disisipkan kedalam engsel. Sehingga, dengan penampakan tersebutlah yang membuat Barndoors sangat berguna dalam fotografi. Pasalnya, fungsi Barndoors ini dapat menghalangi arah dari cahaya lampu supaya tidak jatuh ke bidang yang tidak diinginkan.

Jadi ketika melakukan fotografi, tentu pencahayaan ini sangat penting. Sebab, pencahayaan yang baik dan sesuai kapasitas tentu akan membuat hasil foto lebih estetik dan menarik. Menggunakan Barndoors juga membuat fotografer lebih mudah mengarahkan cahaya agar mendapat foto yang bagus.

Itulah tadi beberapa mengenai Barndoors beserta fungsi Barndoors yang perlu diketahui. Barndoors sendiri juga bisa disebut aksesoris yang berguna pada lampu. Bisa juga dipasang di rumah, agar pencahayaan di rumah dapat diatur dan dapat nilai estetik dari model barndoors.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *