Blower Brush: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya pada Kamera

  • 2 min read
  • Mar 18, 2022
Blower Brush

Merawat kamera merupakan tugas penting yang harus dilakukan. Tentu saja agar kamera tetap awet dan tidak rusak, kamera harus tetap terjaga kebersihannya. Ada banyak benda yang bisa digunakan untuk membersihkan kamera. Salah satunya adalah blower brush. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui fungsi blower brush.

Apa itu Blower Brush yang Biasa Digunakan untuk Fotografi?

Sebelum mengetahui fungsi blower brush, pastinya kita harus mengenal baik benda ini. Blower brush adalah benda berbentuk bulat yang memiliki fungsi semburan udara. Semburan yang dihasilkan alat inilah yang digunakan untuk membersihkan kamera dari debu dan kotoran lainnya yang menempel.

Biasanya Blower brush terbuat dari karet. Benda ini memiliki bola atau pipa peniup berdiameter 2 cm. Pada pipa tersebut menempel pada sikat berbulu lembut sepanjang 1 cm. Sikat inilah yang membantu untuk menyapu debu atau kotoran. Sikat ini juga dapat digunakan dengan bubuk debu sidik jari, untuk membantu proyek ilmu forensik.

Fungsi Blower Brush dalam Dunia Fotografi

Pastinya alat ini berfungsi untuk membersihkan segala jenis lensa. Tidak hanya kamera, benda ini juga berguna untuk membersihkan mikroskop, teleskop, dan optik binokular. Cara kerja alat ini pun mirip seperti kompressor manual. Pengguna tinggal menekan-nekan bola peniup. Tekan sambil mengarahkan ujung peniupnya ke bagian yang ingin dibersihkan.

Cara kerja dari blower blush ini membuatnya lebih ampuh dari kuas biasa. Alat ini sangat efektif untuk membersihkan kotoran yang kerap menempel di sela-sela bodi kamera DSLR. Selain itu, alat ini juga ampuh untuk membersihkan kotoran pada lensa yang sulit dibersihkan dengan kuas.

Cara Menggunakan Blower Brush Untuk Membersihkan Kamera

Sebenarnya cara membersihkan kamera dengan blower brush ini tergolong mudah. Sayangnya ada penikmat fotografi yang belum mengetahui cara membersihkan dengan menggunakan alat ini. Berikut tutorialnya :

1. Buka Bagian Lensa Kamera

Untuk membersihkan lensa kamera, tentunya bagian ini harus dibuka (pada kamera DSLR). Pastikan proses pembongkaran lensa dilakukan dengan hati-hati. Apalagi, pada bagian filter kamera yang sangat berperan untuk menyaring debu atau kotoran. Pisahkan bagian kamera yang sudah dibongkar di atas kain bersih. Letakkan pada tempat yang aman dari senggolan tangan.

2.Gunakan Blower Brush

Ketika membersihkan kamera, hindari penggunaan kain basah atau tisu. Kain basah atau tisu lebih berpotensi menggores lensa serta membuat debu lebih masuk ke dalam kamera. Maka dari itu, gunakan kuas kering atau blower brush terlebih dahulu sebelum membersihkan lensa.

Tekanlah bola peniup pada blower brush pada bagian body lensa yang ingin dibersihkan.Debu-debu pun akan terbang dari lensa, sehingga body lensa lebih bersih.

3. Gunakan Kuas Pada Blower Brush

Gunakan kuas yang ada pada blower brush setelah ditiup. kuas ini berfungsi untuk menyapu debu yang masih tertinggal di sela-sela lensa. Setelah disapu, lensa akan bersih tanpa ada jejak goresan. Jangan lupa sapukan kuas ini ke bagian kamera lainnya yang dibutuhkan.

4. Lap dengan Kain Microfiber

Setelah dibersihkan dengan menggunakan blower brush, lap dengan menggunakan kain microfiber. kain berbahan microfiber lebih lembut untuk bagian sensitif seperti lensa kamera. Selain itu, kain jenis ini lebih mudah menyerap cairan dan cepat membersihkan kotoran.

Sebaiknya, sediakan dua lembar kain lap microfiber terpisah. Satu kain fiber khusus khusus untuk lensa. Satunya lagi dipakai khusus untuk body kamera.Tujuannya agar debu yang ada pada kain microfiber untuk membersihkan luar kamera tidak mencemari lensa.

Nah itulah fungsi blower brush yang sangat bagus untuk membersihkan kamera. Blower brush dapat diperoleh dari toko khusus kamera atau e-commerce. Tersedia berbagai bentuk dan variasi yang bisa dipilih. Tentunya, pilih blower brush yang berkualitas agar awet dan bekerja sesuai fungsinya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *