Cara Buka Jasa Fotografi dengan Modal Minim

  • 2 min read
  • Mar 27, 2022
jasa fotografi

Kini fotografi tidak hanya jadi hobi namun dijadikan ladang bisnis bagi para fotografer-fotografer pemula atau profesional. Hobi bisa diubah menjadi rupiah dengan menekuni bisnis fotografi. Fotografi bisa menjadi usaha yang menjanjikan walaupun modal yang dimiliki tidak banyak.

Bagaimana Cara Buka Jasa Fotografi Modal Minim?

Berikut simak tips cara buka jasa fotografi dengan modal minim yang wajib diketahui.

1. Sewa Peralatan Fotografi

Harga kamera dan alat fotografi memang cukup mahal. Tapi tidak perlu khawatir karena kini banyak orang yang menyewakan alat fotografi seperti kamera dan lain-lain. Sewa alat-alat tersebut ketika terdapat pesanan foto dan gunakan uang muka untuk membayar sewa alat.

Setelah itu tabung hasil pendapatan untuk membeli perlengkapan fotografi sendiri. Metode ini dapat menjadi ide yang bagus untuk memulai bisnis fotografi walaupun dengan modal yang minim.

2. Pilih Jenis Bisnis Fotografi dan Bangun Portofolio

Jenis dan tema fotografi begitu banyak dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Untuk menghindari budget yang membengkak, maka dapat memilih jenis fotografi non bisnis dengan mengambil foto keluarga atau foto pernikahan.

Berawal dari itu fotografer pemula dapat membangun portofolio yang nantinya berguna untuk membangun bisnis fotografi. Namun perlu untuk menentukan jenis fotografi agar tahu spesifikasi layanan bisnis apa yang akan dibangun.

3. Membuat Patokan Harga

Terkadang sebagai fotografer baru membuat patokan harga menjadi hal yang sulit. Namun hal ini penting dilakukan untuk membangun usaha fotografi. Sebagai fotografer pemula tidaklah salah menentukan tarif untuk jasa yang ditawarkan.

Perhitungkan aspek-aspek lain sebelum menentukan harga. Seperti peralatan yang digunakan, harga sewa alat dan dana transportasi.

4. Buat Testimoni yang Menarik

Selain menunjukkan portofolio tips selanjutnya adalah membuat testimoni dari para customer terdahulu. Buat halaman testimoni yang menarik berisi review juga pujian dari customer. Sebagai contoh perhatikan online shop pada marketplace atau media sosial yang menunjukkan hasil testimoni.

Caranya dengan menanyakan kepuasan menggunakan jasa fotografi kepada customer. Kemudian kumpulkan pendapat customer menjadi halaman testimonial. Desain halaman testimoni dengan baik dan semenarik mungkin.

5. Promosi dengan Berbagai Media Gratis

Promosi usaha tidak perlu memakan biaya mahal. Karena kini mempromosikan usaha fotografi bisa dengan media gratis, seperti media sosial, blog pribadi atau forum online. Media-media tersebut dapat menjadi wadah promosi yang menjanjikan karena sangat mudah dijangkau oleh calon customer.

Segera buat promosi gratis dengan menunjukkan portofolio selama menjadi fotografer atau testimoni dari para customer. Dan yang terpenting lakukan promosi secara rajin untuk mendapatkan perhatian dari calon customer.

6. Jual Hasil Foto di Internet

Kini banyak media bisnis untuk menjual hasil foto di internet. Menjual foto secara online mulai jadi kebiasaan baru para fotografer pemula hingga profesional. Tak tanggung-tanggung untuk satu foto saja bisa dijual hingga jutaan rupiah.

Jual hasil foto di media atau website online. Seperti Shutterstock, Sribulencer, Dreamsite dan Istockphoto. List website tersebut adalah website yang bertaraf internasional, jadi hasil foto bisa dibeli dengan tarif dolar.

7. Belajar Otodidak

Sekarang banyak media untuk belajar fotografi secara otodidak. Dengan mempelajari fotografi secara otodidak tentu menjadi cara buka jasa fotografi yang minim modal. Cari dan pelajari buku bacaan secara online atau hard file yang gratis.

Atau bisa juga dengan mempelajari fotografi dari orang-orang terdekat yang telah lebih dulu bergelut di dunia fotografi. Tujuannya semakin meminimalisir modal yang dikeluarkan untuk membuka usaha fotografi.

Demikian beberapa cara buka jasa fotografi dengan modal minim. Tips ini sangat cocok untuk para fotografer pemula yang ingin meneruskan hobi menjadi ide bisnis menjanjikan.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *