Cara Terbaik Melihat Pesan Whatsapp yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

  • 2 min read
  • Mar 30, 2022
Cara Melihat Pesan Whatsapp yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Chatting merupakan salah satu aktivitas bertukar pesan yang cukup menyenangkan antara dua orang atau lebih dalam suatu obrolan. Salah satu aplikasi chatting yang cukup populer dan hampir dimiliki oleh seluruh pengguna ponsel ialah Whatsapp.

Ketika saling berkirim pesan, tak jarang jika pengirim ingin menarik atau menghapus pesan yang telah dikirimkan. Seringkali, kita merasa penasaran dengan isi pesan tersebut. Lantas, gimana sih cara melihat pesan wa yang sudah dihapus tanpa aplikasi?

Biasanya ketika ada seorang pengirim pesan membatalkan pesan dengan cara menarik atau penghapus pesan, Anda sebagai penerima pesan akan merasa sangat penasaran.

Suatu pesan yang ditarik oleh pengirim akan menampilkan notifikasi berupa tulisan “pesan ini telah dihapus”. Notifikasi tersebut akan membuat Anda ingin mengetahui isinya sehingga kemudian bertanya-tanya ada ga sih cara melihat pesan wa yang sudah ditarik?

Jawabannya adalah ada. Bahkan, terdapat juga aplikasi Whatsapp yang bisa melihat pesan yang sudah di hapus. Namun, pada pembahasan kali ini kita tidak akan membahas mengenai aplikasi tersebut karena terdapat cara untuk melihat pesan wa yang dihapus oleh pengirim tanpa aplikasi

Caranya pun cukup mudah dimana Anda tinggal melakukannya melalui pengaturan Whatsapp sehingga tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga.

2 Cara Melihat Chat Whatsapp yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Beberapa cara yang bisa digunakan untuk melihat pesan yang dihapus adalah sebagai berikut:

Mencadangkan Pesan

Seperti yang sudah diketahui bahwa Whatsapp memiliki fitur cadangkan isi percakapan atau pesan secara otomatis dimana kemudian akan disimpan pada memori ponsel ataupun Google Drive yang terhubung dengan email di whatsapp Anda. 

Ternyata fitur cadangkan pesan ini bisa Anda gunakan untuk melihat pesan yang dihapus oleh pengirim tanpa aplikasi. Untuk melihat pesan yang terhapus tersebut, berikut merupakan tutorialnya:

  1. Bukalah aplikasi Whatsapp yang ada di ponsel Anda;
  2. Pilih menu Settings;
  3. Pilih menu Chat kemudian Cadangkan Chat;
  4. Klik Cadangkan ke Google Drive dan pilih opsi waktu kapan Anda ingin pesan dalam percakapan untuk dicadangkan.

Anda kemudian bisa memilih opsi pencadangan pesan. Setelah selesai memilih, klik Cadangkan. Selesai, pesan berhasil disimpan. Setelah pesan tersimpan maka Anda bisa mendapatkan kembali pesan yang telah terhapus.

Uninstall dan Install Kembali Whatsapp

Untuk melihat pesan Whatsapp yang telah terhapus tanpa aplikasi juga bisa dilakukan dengan menguninstall whatsapp kemudian mengunduhnya kembali.

Ketika Anda menguninstall whatsapp tidak berarti bahwa riwayat pesan Anda terhapus. Untuk itu, Anda bisa mengunduhnya kembali agar bisa melihat kembali pesan yang telah dihapus. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Ketuk dan tahan ikon Whatsapp yang ada pada layar menu ponsel;
  2. Pilih opsi Hapus Instalasi;
  3. Buka Playstore untuk pengguna android kemudian unduh kembali aplikasi whatsapp
  4. Ketika log in whatsapp, Anda bisa memilih opsi Restore;
  5. Pilih opsi tersebut agar percakapan Anda kembali.

Dengan mengikuti langkah tersebut, maka Anda bisa melihat isi pesan yang telah terhapus.

Dua cara yang telah disampaikan di atas merupakan fitur dari whatsapp yang bisa digunakan untuk melihat pesan yang sudah dihapus. Daripada Anda penasaran, maka Whatsapp juga menghadirkan pengaturan yang memungkinkan Anda melihat pesan yang sudah dihapus tersebut.

Demikianlah, pembahasan mengenai cara melihat pesan wa yang sudah dihapus tanpa aplikasi. Semoga bermanfaat!