Inilah Fungsi dan Jenis Kapal Feri yang Sebenarnya

  • 2 min read
  • Sep 04, 2022
Inilah Fungsi dan Jenis Kapal Feri yang Sebenarnya

Enjintuls – Secara singkat, kapal Feri adalah jenis kapal yang digunakan sebagai kapal penyeberangan antar pulau jarak dekat. Bisa dikatakan, kapal Feri merupakan kapal yang memiliki jalur operasi berupa selat atau laut yang diapit dua pulau.

Fungsi kapal Feri antara lain adalah sebagai kendaraan pengangkut banyak barang, termasuk kendaraan darat di banyak kota pesisir pantai. Menggunakan kapal Feri kabarnya dapat menghemat biaya dibandingkan menggunakan jembatan dan terowongan.

Berbagai Jenis Kapal Feri

Pada dasarnya, terdapat banyak jenis kapal yang beroperasi sebagai kapal Feri atau pengangkut. Maka dari itu, kapal Feri memiliki beberapa jenis yang perlu Anda ketahui. Jenis-jenis kapal Feri biasa digolongkan dengan jarak perjalanan, kapasitas kapal, kecepatan dan keadaan medan air lintasan yang perlu dilalui.

Maka, berikut ini adalah jenis kapal Feri yang bisa Anda ketahui

Ujung-Ganda

Kapal Feri Ujung-Ganda berarti kapal tersebut memiliki ujung di sisi depan dan belakang kapal. Dengan adanya Ujung Ganda ini, kapal tersebut tidak perlu balik arah ketika pergi maupun pulang.

Terdapat beberapa nama kapal Feri jenis Ujung Ganda, seperti Feri Pulau Staten, Feri BC, Feri Washington dan Feri Star.

Hydrofoil

Hydrofoil merupakan jenis kapal Feri yang memiliki kecepatan tinggi. Maka dari itu, keberadaannya dapat menggantikan posisi Hovercraft. Dengan kecepatannya tersebut, kapal Feri Hydrofoil menjadi solusi praktis, mudah, cepat dan ekonomis.

Hovercraft

Kapal Feri ini dikembangkan pada tahun 1960 hingga 1970-an. Namanya Hovercraft dan digunakan untuk membawa mobil. Jenis Hovercraft yang terbesar adalah SR.N4. Kapal Feri jenis Hovercraft ini juga digantikan oleh kapal Katamaran.

Meski kecepatan kedua kapal tersebut tidak berbeda jauh, namun Katamaran lebih dipilih karena lebih kuat menanggung keadaan laut dan cuaca.

Katamaran

Kapal Feri Katamaran seringkali identik dengan jenis kapal pengankut dengan kecepatan yang tinggi. Kapal Katamaran terbesar dapat Anda lihat di Jalur Stena, yaitu jalur laut yang menghubungkan antara Inggris dan Irlandia.

Ro-Ro

Nama jenis kapal Feri yang satu ini memang menarik, Ro-Ro. Kapal Feri Ro-Ro ini singkatan dari Roll-on dan Roll-off. Kapal Feri Ro-Ro merupakan kapal besar yang memungkinkan kendaraan dapat keluar dan masuk secara mudah.

Kabel

Tidak semua jenis kapal Feri bergerak dengan tenaga mesin, contohnya Kapal Feri Kabel. Ya, jenis kapal Feri yang satu ini menggunakan kabel dan rantai yang dipasang di antara kedua ujung pulau. Ada kalanya kapal Feri Kabel menggunakan tenaga manusia untuk bergerak.

Kapal Feri Kabel juga memiliki dua jenis, yaitu Kabel Arus dan Kabel Rantai. Kapal Kabel Arus memanfaatkan arus air untuk bergerak. Sedangkan kapal Feri Rantai menggunakan rantai untuk menghadapi arus air yang cukup deras.

Meja Putar

Seperti namanya, Kapal Feri Meja Putar memiliki bagian yang memungkinkan badannya diputar sesuai kebutuhan. Hal ini hampir sama seperti kapal Feri Ujung-Ganda yang membuat kapal ini tidak perlu putar balik untuk pergi dan pulang.

Kereta

Sama seperti namanya, kapal Feri Kereta digunakan untuk mengangkut komponen kereta api. Maka dari itu, tidak heran bila di dalamnya terdapat rel kereta api untuk memudahkan badan kereta api masuk dan keluar dari kapal Feri Kereta.

Karena benda yang dibawa berupa kereta, terdapat “pelabuhan khusus” untuk kapal Feri Kereta ini, bernama Slip Feri. Pada Slip Feri, terdapat jembatan yang disebut apron dan berguna untuk menurunkan kereta dari dalam kapal menuju keluar.

Jembatan Apron bisa merupakan bagian dari Slip Feri, bisa juga bagian dari kapal Feri Kereta itu sendiri.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai fungsi kapal Feri dan beragam jenis kapal Feri. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *