Fungsi Tissue Lensa dan Ciri-Ciri Tissue Lensa yang Berkualitas

  • 2 min read
  • Mar 16, 2022
tissue lensa

Tissue Lensa merupakan salah satu aksesoris yang wajib ada di dalam tas kamera, terlebih jika lensa sering digunakan untuk pemotretan outdoor. Tissue lensa yang dimaksud disini bukanlah tissue-tissue yang umum digunakan untuk membersihkan wajah atau sisa kotoran di mulut. Fungsi tissue lensa tidaklah sama dengan tissue-tissue pada umumnya yang kerap dijumpai di pasaran.

Oleh karena itu, tissue ini juga tidak dijual di sembarang tempat. Biasanya tissu lensa hanya bisa didapatkan di toko-toko aksesoris kamera dengan harga yang jauh di atas rata-rata harga tissue biasa. Ingin tahu lebih lengkap tentang tissue lensa? Yuk, simak ulasan terkait ciri-ciri tissue lensa yang berkualitas sekaligus dengan fungsinya!

Fungsi Tissue Kamera atau Tissue Lensa

Setelah mengetahui ciri-ciri Tissue lensa yang berkualitas dan aman digunakan untuk membersihkan lensa pada kamera, selanjutnya adalah mengetahui fungsi tissue lensa. Fungsi tersebut erat kaitanya dengan penggunaan kamera secara terus menerus yang mengakibatkan kamera menjadi mudah berdebu lembab, dan berjamur. Berikut merupakan fungsi-fungsinya:

  • Membersihkan lensa kamera. Fungsi yang pertama adalah untuk membersihkan lensa kamera. Lensa yang bersih akan menghasilkan tangkapan gambar yang lebih jernih dan jelas.
  • Menjaga lensa dari kelembaban. Lensa kamera yang sering digunakan untuk pemotretan, terlebih pemotretan di luar ruangan akan menjadi lembab jika tidak dirawat dengan baik. Untuk menghindari kelembaban tersebut, maka setelah digunakan sebaiknya lensa dibersihkan dengan tissue lensa.
  • Menghindarkan lensa dari debu yang membandel. Sebagaimana diketahui bahwa, debu merupakan salah satu penyebab kerusakan lensa yang tidak dapat ditolerir. Maka, dengan keberadaan tissue lensa, debu yang menempel bisa segera dibersihkan agar tidak menumpuk dan menyebabkan kamera mengalami kerusakan.
  • Melindungi Lensa dari Jamur. Pernah lihat ada bintik-bintik putih atau hitam di lensa kamera? Itu adalah jamur yang timbul karena lensa tidak dirawat dengan baik. Jika terus dibiarkan maka, lensa akan cepat rusak dan tidak bisa menghasilkan gambar yang bagus.

Ciri-Ciri Tissue Lensa Berkualitas

Tissue lensa atau yang juga dikenal dengan tissue kamera biasanya dijual dengan harga RP 25.000 di toko aksesoris kamera. Semakin tinggi harganya, biasanya kualitas yang ditawarkan akan semakin baik. Berikut merupakan ciri-ciri tissue lensa berkualitas oke yang cocok digunakan untuk membersihkan lensa kamera:

  • Tissue tidak meninggalkan serat pada optik. Ciri yang pertama yang dimiliki oleh tissue lensa yang berkualitas baik adalah tahan terhadap cairan pembersih lensa. Selain itu, tissue juga tidak berserat dan ketika diusapkan pada lensa, seratnya tidak tertinggal.
  • Bahan yang digunakan halus. Ciri kedua yang menggambarkan bahwa tissue lensa tersebut memiliki kualitas yang baik adalah bahannya. Semakin halus bahan yang digunakan maka tissue tersebut memiliki kualitas yang semakin baik. Tissue lensa berbahan halus tidak akan merusak bagian dalam optik atau coating yang terdapat di dalamnya.

Kualitas serat yang baik akan membuat lensa menjadi lebih kinclong dan hasil tangkapan kamera menjadi lebih jelas. Tissue lensa dengan ciri-ciri di atas dapat digunakan dengan aman untuk membersihkan lensa, layar, dan filter pada kamera.

Demikian informasi tentang ciri-ciri tissu lensa yang baik dan fungsi tissue lensa. Penggunaan tissue ini tidak sama dengan tissue-tissue biasa. Tissue ini dirancang khusus untuk membersihkan lensa kamera dari noda secara lembut, jadi penggunaannya tidak bisa sembarangan.

Cara penggunaan Tissue ini adalah dengan memutar searah dengan jarum jam, dari arah luar ke dalam. Mengelapnya juga harus lembut dan tidak boleh terlalu kasar.