Kenali Dasar dan Cara Kerja dari Mesin Press Hidrolik

  • 2 min read
  • Jan 16, 2022

Mesin press adalah alat yang dirancang untuk mengompres / menekan suatu benda. Sumber energi dapat berasal dari mesin hidrolik, energi manusia, dan motor listrik.

Saat ini, sistem hidrolik banyak digunakan di berbagai jenis makanan, minuman, mesin, industri otomotif, dan terlebih lagi di industri robotika. Oleh karena itu, pengetahuan tentang komponen sistem hidrolik merupakan poin yang sangat penting di semua cabang industri.

Sistem hidrolik memiliki banyak keuntungan. Sebagai sumber energi bagi banyak variasi dalam operasi bisnis. Keuntungan dari sistem hidrolik termasuk bobot yang ringan, pemasangan yang mudah dan perawatan yang mudah.

Untuk meningkatkan kegunaan dan produktivitas, saat ini sistem hidrolik sering digabungkan dengan sistem lain seperti sistem kelistrikan/elektronik, pneumatik dan mekanik, sehingga tercapai kinerja sistem hidrolik yang maksimal.

Sistem hidrolik adalah sistem yang menggunakan fluida sebagai media untuk menggerakkannya. Dalam hidrolika terdapat beberapa cabang, tetapi cabang yang dapat diterapkan untuk peralatan ini menyangkut cairan dalam ruang tertutup di bawah tekanan. Hukum dasar hidrostatika atau mekanika zat cair adalah seperti yang didefinisikan oleh Blaise Pascal pada tahun 1635 sebagai berikut:

”Tekanan pada benda cair tertutup terpencar dengan sama rata tanpa berkurang kepada setiap bagian cairan dan permukaan yang menahannya”

– Smith, 1990

Penggunaan sistem hidrolik telah mengalami suatu perkembangan yang demikian pesatnya, sehingga sistem hidrolik dimanfaatkan dalam semua cabang industri. Pada umumnya, sistem hidrolik digunakan pada industri-industri permesinan.

Bagian Mesin press Hidrolik

Bagian-bagian utama dari sebuah mesin press hidrolik meliputi:

  • Bingkai / frame baja yang berfungsi sebagai penahan struktur dari energi kolateral hasil dari tekanan hidrolik, umumnya tersedia dalam bentuk yang berbeda-beda sesuai aplikasi pengepresan
  • Meja baja berfungsi untuk menopang obyek saat hendak ditekan dan diatur ulang posisinya agar tetap sejajar dengan posisi obyek pada besi pres
  • Silinder baja hidrolik yang dapat dipanjangkan sesuai jarak penerapan daya tekan pada obyek
  • Pompa hidrolik menggunakan fluida hidrolik untuk menciptakan tekanan yang menggerakkan silinder untuk menghasilkan output gaya tekan sesuai dengan panel pengatur tekanan pada mesin
Bagian – bagian Mesin Hidrolik

Prinsip Kerja Mesin Press Hidrolik

Mesin press hidrolik bekerja dengan langkah-langkah berikut:

Hal ini berdasarkan hukum Pascal, hukum Pascal menyatakan bahwa intensitas tekanan dalam fluida statis ditransmisikan secara merata ke semua arah.

  1. Mesin press hidrolik terdiri dari dua silinder dengan diameter berbeda. Salah satu silinder berdiameter besar dan berisi Ram, sedangkan silinder lainnya berdiameter kecil dan berisi plunger.
  2. Kedua silinder tersebut dihubungkan dengan sebuah pipa.
  3. Silinder dan pipa berisi cairan yang melaluinya tekanan disalurkan.
  4. Ketika gaya kecil f diterapkan pada plunger ke arah bawah, tekanan dihasilkan pada cairan yang bersentuhan dengan plunger.
  5. Tekanan ini ditransmisikan secara merata ke segala arah dan bekerja pada RAM ke arah atas seperti yang ditunjukkan pada gambar.
  6. Beban yang lebih berat ditempatkan pada ram kemudian diangkat.

Jenis Mesin Press Hidrolik

Mesin press hidrolik dikategorikan menjadi 5 jenis yaitu:

  1. Pers hidrolik empat kolom
  2. Press hidrolik kolom tunggal (juga dikenal sebagai tipe-C)
  3. Vertical hydraulic Press
  4. Horizontal hydraulic press
  5. Universal hydraulic Press

Itulah pengenalan dasar – dasar mesin press Hidrolik beserta cara kerjanya. Dengan mengetahui hal ini, anda bisa menentukan jenis dari mesin Hidrolik berdasarkan kebutuhan bidang industri anda.