Kenali Semua Bagian Kapal Selam dan Fungsinya

  • 3 min read
  • Aug 27, 2022
bagian kapal selam dan fungsinya

Enjintuls – Apa itu kapal selam? Kapal selam merupakan jenis kapal laut yang didesain untuk menyelam di kedalaman yang sesuai dengan kemampuan kapal tersebut. Hal ini yang membedakan antara kapal selam dengan kapal laut pada umumnya.

Salah satu kapal selam yang terbaru memiliki panjang 70 meter dengan lebar 6,3 meter, beratnya 2.000 ton ketika di permukaan air dan menjadi 2.200 ton ketika menyelam. Meski terbilang sangat berat, namun kapal selam tidak akan tenggelam ke dasar permukaan laut bila memiliki mesin yang sehat.

Kemampuan kapal ini dalam mengapung ke permukaan menggunakan hukum Archimedes, yang mana massa jenis lebih ringan daripada masa jenis air. Maka dari itu, meskipun terbuat dari baja dengan ukuran besar, kapal ini memiliki banyak sekali rongga untuk diisi dengan udara.

Sama seperti kendaraan lainnya, kapal selam juga memiliki banyak bagian. Berikut ini adalah bagian-bagian kapal selam beserta fungsinya.

Bagian kapal selam
Bagian-bagian Kapal Selam

Bagian Kapal Selam dan Fungsinya

Propeller

Bagian kapal selam yang pertama adalah Propeller. Propeller pada kapal selam merupakan baling-baling yang berguna dalam mendorong kapal agar dapat maju atau bergerak di dalam air. Sesuai dengan fungsinya, propeller terletak di bagian ujung belakang kapal selam.

Engine Compartment

Engine compartment merupakan bagian paling vital dalam sebuah kapal selam. Hal tersebut karena fungsi engine compartment adalah untuk menjalankan dan mengatur pergerakan kapal selam secara total.

Karena ini termasuk bagian yang sangat penting, maka pada saat pengoperasian dan perawatan, komponen ini sangat wajib diperhatikan. Letak engine compartment berada di belakang dekat Propeller.

Nuclear Reactor

Fungsi nuclear reactor adalah sebagai penyuplai tenaga pada kapal selam sehingga dapat memutar turbin utama yang menggerakan baling-baling. Selain itu juga sebagai sumber tenaga motor elektrik penghasil baterai yang menghasilkan listrik untuk dapat dimanfaatkan di dalam kapal selam.

Saat dipakai, nuclear reactor memanfaatkan  pressurizer water reactor.

Batteries

Bagian batteries memiliki dua fungsi, yaitu sebagai pemberat kapal dan juga penyuplai tenaga. Berat dari batteries ini mencapai 25% dari berat total kapal selam tersebut. Letaknya berada di dasar kapal selam.

Crew’s Quarters dan Mess Hall

Crew’s quarters atau ruang kru kapal berguna untuk tempat istirahat semua yang berada di dalam kapal selam. Di bagian ini juga para kru bisa melakukan banyak aktifitas seperti berkumpul, bergaul, ibadah dan sebagainya. Letak ruangan ini berada di tengah kapal, bagian lantai dua dari sekat kapal.

Torpedo Room

Seperti namanya, torpedo room merupakan tempat menaruh dan meluncurkan senjata bernama torpedo. Jelas sekali bahwa kapal selam yang memiliki ini merupakan jenis militer dan memiliki misi utama berada di garis perlawanan musuh.

Sonar

Sonar berada id bagian kepala kapal selam. Fungsi sonar adalah mendeteksi kondisi dasar laut, ranjau, kedalaman laut, penangkapan ikan dan lainnya. Cara kerja sonar adalah dengan memancarkan gelombang suara ke bawah permukaan laut lalu menunggu adanya gelombang pantulan.

Diving Plane

Bagian dari kapal selam ini terletak paling atas kapal selam. Diving plane berfungsi untuk membantu kapal selam berenang dan menyelam.

Cara kerja diving plane adalah dengan mengendalikan daya apung kapal selam. Sedangkan saat menyelam mengandalkan daya apung kapal selam yang negatif.

Periscop dan Electronic Monitors

Preriscop pada kapan selam bertujuan untuk memantau keadaan di sekitar kapal selam. Baik keadaan saat kapal selam berada di permukaan maupun saat kapal selam tengah menyelam.

Sedangkan electronic monitors memiliki fungsi untuk menampilkan tangkapan dari periscop untuk dilihat pada monitor agar tampak jelas keadaan di sekitarnya.

Sail

Sail pada kapal selam memiliki peran untuk tempat bagi peralatan navigasi dan peralatan kontrol pada kapal selam lain. Oleh sebab itu dikenal juga dengan nama menara komando. Letak dari sail ini pada bagian paling atas kapal selam dan disebut juga dengan layar.

Control Center

Control center dikenal juga dengan sebutan pusat kendali. Pada kapal selam control center memegang peranan yang juga penting di dalam kapal selam karena mengendalikan berbagai fungsi di kapal.

Control center terletak di lantai paling atas agak ke depan pada kapal selam dan memiliki dua ruangan di dalamnya.

Hatch

Di dalam kapal selam juga terdapat salah satu bagian yang disebut dengan hatch. Hatch memiliki fungsi untuk melindungi muatan dari pengaruh ombak air laut yang menerpa cargo hold. Letak hatch pada kapal selam di bagian dekat ekor sebelum rubbes.

Rudders

Rudders dikenal juga dengan kemudi pada kapal selam. Adapun bagian rudders ini terletak di bagian ekor paling bawah pada kapal selam.

Perlu diketahui kemudi di dalam air pada kapal selam terletak pada bagian ekor untuk berbelok ke arah kanan dan ke arah kiri dengan menggunakan hydroplane untuk mengatur arah depan dan belakang kapal selam.

Nah, itulah artikel kami mengenai bagian kapal selam dan fungsinya. Nantikan artikel kami selanjutnya.