Pengertian serta Fungsi Tripod dan Monopod

  • 2 min read
  • Mar 15, 2022
tripod dan monopod

Untuk menghasilkan sebuah foto yang keren tentunya harus didukung pula dengan unsur pendukung lain yang melengkapinya. Selain, teknik foto yang bagus juga ada alat pendukung lain yang membuat fotonya menjadi lebih cantik. Alat pendukung yang penting yaitu tripod serta monopod, jadi apa sih fungsi tripod dan monopod yang sebenarnya? Yuk lihat saja penjelasannya di bawah ini!

Pengertian dan Fungsi Tripod

Tripod adalah sebuah aksesoris dalam kamera yang biasanya disebut dengan kaki tiga, biasanya benda ini berada di dalam sebuah studio pemotretan. Untuk ukurannya pun lumayan besar serta berat, karena memang khusus diperuntukan pada pemotretan di dalam studio. Ada beberapa fungsi dari tripod ini yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya, berikut penjelasan lebih detailnya:

  • Alat tripod memiliki fungsi utama untuk menyangga atau meletakan kamera yang akan digunakan untuk memotret. Kamera yang diletakan di tripod akan membuatnya menjadi lebih kokoh serta tahan dari getaran.
  • Pengatur kecepatan kamera sehingga akan membuat fotonya menjadi lebih keren. Misal, seorang fotografer ingin memotret dengan gaya tertentu pada sebuah gerakan, maka bisa menggunakan alat pendukung tripod ini.
  • Beban yang ada di dalam kamera juga bisa diletakan di dalam tripod ini. Tentunya hal ini akan membantu sekali kinerja dari si fotografer, sehingga proses pemotretan akan lebih mudah serta juga cepat.
  • Alat pendukung tripod akan membuat foto yang dihasilkan lebih fokus serta tajam, karena terhindar dari sebuah gerakan tiba-tiba. Selain itu, akan terhindar juga dari hembusan nafas yang mungkin saja bisa merusak hasil foto.
  • Benda tripod ini juga akan membuat objek fotonya lebih fokus terhadap benda yang ada di depannya, misal tripod ini bisa dijadikan patokan bagi seorang model agar bisa fokus terhadap kamera yang ada di depannya. Hal ini tentunya akan membuat kinerja fotografer lebih mudah serta cepat selesai.

Pengertian dan Fungsi Monopod

Ada pula alat pendukung lain yang sama pentingnya dengan tripod, yaitu monopod. Sebenarnya, monopod ini adalah sebuah tripod yang hanya memiliki kaki satu saja. Berbeda dengan tripod yang memiliki tiga kaki, tentunya fungsi tripod dan monopod memiliki peran tersendiri dalam dunia fotografi. Untuk fungsi dari monopod ini bisa dilihat penjelasannya di bawah ini:

  • Kegunaan atau fungsi utama dari monopod ini hampir sama dengan tripod yaitu untuk meletakan kamera agar tidak goyah.
  • Fungsi selanjutnya juga untuk meletakan kamera dengan lensa panjang jika fotografer ingin membuat sebuah foto yang lebih tajam serta fokus.
  • Alat pendukung fotografi ini dapat juga dimanfaatkan untuk membuat video agar tidak goyang serta selalu fokus. Jika sering melihat vlog di YouTube, maka tidak akan asing lagi dengan alat satu ini.
  • Bentuk monopod ini sangat ringan serta mudah dibawa, jadi sangat cocok bila akan digunakan pada pembuatan video di luar ruangan.
  • Dapat digunakan juga untuk mengambil video yang jaraknya jauh atau sebuah objek yang berbahaya. Jadi, monopod ini penting sekali bagi yang menyukai dunia fotografi atau sekedar membuat video di luar ruangan.
  • Monopod mempunyai kaki serta pegangan yang kecil, jadi bisa dibawa dengan menggunakan satu tangan sekalipun. Jadi, tidak akan repot apabila akan digunakan untuk merekam diri sendiri.
  • Uniknya, monopod ini juga bisa digunakan pada kamera ponsel. Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin membuat video yang keren tetapi kamera yang akan digunakan tidak memadai.

Demikian sekilas fungsi tripod dan monopod yang bisa digunakan untuk pembuatan foto atau video. Dua alat ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pemotretan, jangan sampai menggunakan alat yang salah. Karena, dua alat ini memiliki andil serta fungsi yang berbeda dalam penggunaanya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *