Ternyata Ini Perbedaan Cara Pasang Granit dan Keramik, Jangan Salah!

  • 2 min read
  • Aug 25, 2022
Perbedaan cara pasang granit dan keramik

Enjintuls – Pada bahasan kali ini, kita akan membahas mengenai perbedaan cara pasang granit dan keramik. Pada dasarnya langkah kerja untuk memasang granit tidak akan jauh berbeda dengan pemasangan lantai keramik.

Anda perlu membuat landasan terlebih dahulu berupa lantai semen yang memiliki permukaan rata lebih dahulu. Berikut merupakan cara pasang granit dan keramik beserta perbedaannya.

  1. Sama seperti memasang keramik, langkah awal adalah membuat landasan semen dengan permukaan rata;
  2. Selanjutnya pasanglah lantai granit atau keramik di atas permukaan tersebut. Perbedaannya adalah apabila Anda ingin lebih praktis maka Anda bisa menggunakan lem perekat khusus untuk granit agar lebih mudah menempel;
  3. Sebelum pemasangan granit, pada sisi bwah lantai granit ini bisa Anda berikanĀ  adukan perekat yang kental lebih dulu dengan ketebalan yang tipis. Baru, lantai granits di pasang tepat di bagian atas adukan perekat.
  4. Material perekat granit ini membuat pemasangan lantai granit sangat mudah digunakan.
  5. Alhasil lantai granit pun bisa menempel dengan sangat kuat pada landasannya.
  6. Tahap terakhir yakni memberikan tekanan secara perlahan-lahan pada lantai granit menggunakan palu khusus untuk memperkuat ikatannya;
  7. Anda pun juga bisa mengecek kerataan permukaan menggunakan waterpass.

Pada teknik pemasangan, ini dalam memasang lantai granit dimulai dari satu keping memanjang bukan melebar. Kemudian untuk pemasangan lantai granit nyaris tak menggunakan nat dimulai dengan memasang 3 baris memanjang lebih dulu.

Arah pemasangan pun yang benar yakni dimulai dari sisi bagian dalam menuju sisi bagian luas. Dengan kata lain Anda harus memasang granit dari area tengah ruangan lebih dulu. Hal ini berbeda dengan keramik yang sering dipasang dari sisi pinggir menuju sisi pinggir lain hingga penuh.

Pada pemasangan granit, Anda bisa memasang dari tengah kemudian menuju tepi dan area pinggir ruangan. Dalam hal ini, Anda jangan pernah memasang lantai granit yang dimulai dari sisi bagian luar menuju sisi bagian dalam.

Jika Anda memasangnya seperti itu, maka bisa mengakibatkan hasil pekerjaan pemasangan granit Anda menjadi tak rapi.

Nah, sekianlah pembahasan mengenai perbedaan cara pasang granit dan keramik. Semoga Anda tidak salah dalam teknik pemasangan granit karena terdapat perbedaan dengan pemasangan lantai keramik. Semoga bermanfaat!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *