5 Tips Fotografi Hp Agar Menghasilkan Foto yang Profesional

  • 2 min read
  • Mar 28, 2022
Fotografi

Era sekarang, fotografi menjadi pilihan untuk mempromosikan bisnis, karya atau yang lainnya. Sebenarnya teknik fotografi bisa dipelajari meski hanya menggunakan kamera handphone.

5 Tips Fotografi Hp agar Hasilnya Mirip Seperti Kamera Mahal

Tetapi, bagaimana tips fotografi HP agar menghasilkan foto yang profesional? Berikut merupakan penjelasannya:

1. Pahami Rule of Thirds

Salah satu teknik dari fotografi yang sangat penting untuk terus dipelajari adalah mengenai proporsionalnya sebuah foto. Dalam hal ini, proporsional mempunyai arti sebagai letak suatu objek yang akan diambil gambarnya harus simetris dan sesuai.

Salah satu cara untuk dapat membuat foto menjadi simetris dari fotografi menggunakan handphone adalah dengan melalui rule of thirds. Rule of thirds ini adalah suatu panduan yang dapat menjadikan foto terlihat lebih proporsional hanya dengan menggunakan kamera handphone.

2. Perhatikan Pencahayaan

Kedua, perhatikan pencahayaan. Dalam dunia fotografi, cahaya mempunyai peran yang begitu penting untuk menciptakan suatu objek agar terlihat lebih jelas. Usahakan lakukan pencahayaan yang tepat dan sesuai dengan objek sebelum melakukan pengambilan foto. Ketika pengambilan foto, maka foto yang dihasilkan akan memiliki pencahayaan yang bagus.

Apabila pengambilan foto dilakukan pada malam hari, maka bisa menggunakan flash atau lampu untuk membantu menciptakan cahaya yang cukup. Pengaturan cahaya harus dilakukan sebaik mungkin demi menghasilkan foto yang berkualitas, bersih, jelas, jernih dan pastinya objek terlihat tidak buram.

3. Atur Auto Fokus

Tips fotografi HP selanjutnya yaitu atur auto fokus. Di sini, fotografer harus mampu mengatur auto fokus pada objek yang tepat. Sebuah foto yang dihasilkan akan sangat bergantung pada fokus yang dimiliki oleh kamera pada handphone. Apabila fitur auto fokus pada HP yang digunakan untuk memotret bagus, maka foto yang dihasilkan pun akan lebih bagus.

Fotografer bisa mendekati objek yang akan difoto dan mengatur auto fokus hingga mendapat gambar objek yang sempurna. Di sini, jangan menggunakan tombol untuk zoom, karena akan menghasilkan foto yang hasilnya kurang bagus. Jadi, aturlah auto fokus agar hasil fotonya lebih profesional.

4. Perhatikan Angle

Berikutnya, jangan lupa untuk memperhatikan angle yang tepat. Posisi atau angle yang tepat akan menghasilkan foto yang bagus dengan tampilan objek yang menawan. Suatu objek yang difoto mempunyai beberapa angle dalam pemotretan. Carilah angle yang tepat untuk menghasilkan foto objek yang keren dan maksimal.

Apabila mengambil foto dari angle yang sama berkali-kali, maka akan menghasilkan foto yang sama. Oleh sebab itu, angle dari suatu objek akan sangat memberikan pengaruh terhadap kualitas dari objek yang difoto tersebut.

5. Gunakan Mode HDR

Terakhir, perlu diketahui bahwa mode HDR pada kamera hp bisa digunakan saat pemotretan untuk dapat menghasilkan foto yang kualitasnya sangat baik. Mode ini mudah ditemukan di pengaturan kamera handphone. Carilah mode HDR tersebut pada pengaturan kamera HP dan gunakan untuk mengambil gambar suatu objek yang akan difoto.

Biasanya, mode HDR digunakan untuk menghasilkan kualitas foto yang lebih jelas, terang, jernih dan mulus. Berbeda dengan tanpa menggunakan mode HDR, hasil foto terlihat biasa saja dan bahkan kurang menarik. Jadi, cobalah untuk menggunakan mode HDR ketika melakukan pemotretan menggunakan handphone.

Cobalah 5 tips fotografi HP di atas untuk menciptakan hasil foto yang profesional. Meskipun menggunakan handphone, fotografer tetap bisa mengambil gambar suatu objek dengan hasil yang memukau layaknya fotografer handal yang menggunakan kamera mahal.